Kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Pintaryuk.my.idKenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi - Mungkin ada di antara kalian yang sering bertanya kenapa di Indonesia kerap kali kita merasakan guncangan gempa bumi, faktor apa sehingga menyebabkan sering terjadi gempa, nah berikut penjelasannya kami akan paparkan seringkas dan sejelas mungkin.

Penyebab gempa sering terjadi di kawasan Indonesia ada beberapa macam faktor di antaranya terkait letak geografi Indonesia itu sendiri dan juga bisa karena pergerakan lempeng dan lainnya.

Kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Dilansir dari sukabumiupdate.com dikutip dari BMKG bahwa gempa bumi merupakan peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Selanjutnya, berikut akan dipaparkan faktor penyebab kenapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi :

Kondisi Geografis

Sebagaimana yang kita tahu bahwa letak Negara Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudera.

Utamanya dari segi geografis di Indonesia dikenal memiliki banyak pulau-pulau dan terletak di antara lempeng-lempeng tektonik yang bergerak dan saling bertubrukan.

Sehingga dengan tabrakan-tabrakan yang terjadi, lempeng-lempeng tersebut saling mendorong dan mengakibatkan timbulnya tekanan yang pada akhirnya melepaskan sebuah energi dalam bentuk gempa bumi.

Sebab itulah di Indonesia sering kali kita dengar berita dan peristiwa gempa bumi yang terjadi.

Patahan-Patahan aktif

Di Indonesia juga dikenal dengan wilayah yang memiliki sejumlah patahan aktif yang tersebar di berbagai macam wilayah seperti Patahan Sesar Jawa, Patahan Sesar Sumatera, Patahan Sesar Flores.

Inilah yang menyebabkan intensitas gempa yang terjadi di wilayah Indonesia menjadi tinggi.

Baca Juga : Padahal Dekat Matahari ! Kenapa Dataran Tinggi Dingin ?

Sistem Gunung Berapi

Selain itu, di Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi aktif yang berhubungan dengan aktivitas gempa bumi.

Sehingga aktivitas gunung berapa ini kerapkali memicu terjadinya peristiwa gempa bumi sering terjadi di Indonesia

Kesimpulan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa Indonesia kerapkali terjadi gempa bumi seperti kondisi geografis, patahan aktif dan gunung berapi.


Itulah artikel tentang "Kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi" semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita terutama para peminat geografi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url