Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju

Pintaryuk.my.id - Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju - Tak jarang di antara kita yang sejak kecil mengharapkan kalau di negeri kita tercinta Indonesia turun salju, bagaimana tidak ? karena bila di Indonesia turun salju, tentunya kita akan bisa melakukan berbagai macam permainan yang hanya bisa dilakukan di daerah bersalju, seperti membuat boneka salju, berselancar, perang bola salju seperti yang sering kita lihat di film-film barat.

Namun sayangnya seiring bertambahnya umur, kita jadi sadar bahwa di Indonesia tidak pernah turun salju, jadi kenapa negara kita ini berbeda dengan negara-negara yang bisa turun salju seperti mayoritas negara barat ?

Tidak turunnya salju ke wilayah Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, maka pada kali ini admin akan mengulas sedikit tentang tema ini untuk menambah wawasan kita terkait Negara Indonesia tercinta, maka simaklah artikel berikut ini sampai habis.

Kenapa tiada salju di indonesia

Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju

Indonesia merupakan negara yang tidak ada musim salju, untuk mengetahui apa alasan kenapa tidak ada salju di daerah ini kalian perlu mengetahui 3 sebab :

1. Negara Indonesia Terletak Tepat di Bawah Garis Katulistiwa

Garis katulistiwa merupakan sebuah garis imajinasi yang dibuat di tengah-tengah planet bumi, sementara itu Negara Indonesia, posisinya terletak tepat di bawah garis katulistiwa, dan karena hal tersebut, hanya ada 2 macam musim saja yang eksis di wilayah Indonesia itu sendiri, yaitu musim panas dan musim hujan.

Oleh karena itu di Indonesia tidak pernah turun salju sebagaimana yang biasa terjadi di negara-negara barat.

2. Suhu dan Kelembaban Negara Indonesia

Karena Indonesia terletak di bawah garis katulistiwa, maka otomatis matahari pada siang hari tepat berada di atas kepala. Dikutip dari berbagai sumber bahwa suhu yang terdapat di wilayah Indonesia yang merupakan salah satu di antara daerah beriklim tropis berkisar 26-28 derajat Celsius setiap tahunnnya.

Negara dengan iklim tropis di antaranya, Filipina, Sri Langka, Singapura, Brunei, Kolombia dan lainnya. Iklim ini ditandai dengan suhu udara yang rata-rata tinggi.

Oleh karena itu, bagaimana salju bisa terbentuk di wilayah Indonesia, sedangkan untuk pembentukan salju dibutuhkan titik beku suhu paling tidak 0 derajat Celcius atau 32 derajat Fahrenheit, maka karena itu, mustahil salju akan bisa turun di wilayah dengan kondisi udara seperti ini.

3. Proses Pembentukan Salju

Adapun salju merupakan butiran lembut yang terbentuk dari air yang kemudian berubah menjadi es yang disebabkan karena terpapar kadar suhu udara tertentu sehingga selanjutnya menjadi partikel-partikel es.

Maka, dengan ciri utama di wilayah tropis yang cenderung memiliki udara yang konstan antara 26-28 derajat Celcius yang cukup panas, tentunya tidak memungkinkan untuk salju akan terbentuk di wilayah Indonesia, meskipun terbentuk maka akan langsung cair menjadi air kembali, kecuali suhu udara di wilayah ini tidak sepanas yang disebutkan sebelumnya, maka tidak tertutup kemungkinan salju akan menjadi hal yang lumrah di wilayah Indonesia.

Wilayah Bersalju di Indonesia

Meskipun jika berlandaskan pada iklim tropis yang tidak memungkinkan wilayah di Indonesia mengalami musim salju, namun pada kenyataannya ada satu-satunya tempat bersalju yang ada di Indonesia, yaitu Puncak Jayawijaya yang merupakan pegunungan yang terletak di Jayawijaya.

Salju di Indonesia

Puncak Jayawijaya ini memiliki ketinggian 4,884 mdpl dengan tingkat suhu yang ada di sana 0 derajat Celcius yang mana merupakan kriteria suhu udara yang cocok untuk pembentukan es salju, meskipun terletak di wilayah iklim tropis.

Terkait kenapa salju bisa muncul di daerah tersebut, dilansir dari id.quora.com bahwa fenomena munculnya salju di wilayah tropis dapat terjadi pada saat posisi suatu tempat cukup tinggi terutama wilayah (gunung atau bukit) yang memiliki ketinggian 4000 mdpl ke atas di samping memerlukan dukungan kelembaban yang pas untuk proses pembentukan salju.

Kesimpulan

Itulah 3 alasan kenapa di Indonesia tidak pernah turun salju, yang pertama karena terletak tepat di bawah garis katulistiwa sehingga iklim yang ada di daerah ini suhunya cukup tinggi, kedua karena suhu dan kelembaban yang tidak mendukung untuk proses terjadinya pembentukan salju dan terakhir karena proses pembentukan salju memerlukan kadar suhu udara tertentu.

Itulah artikel tentang Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju, semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca dan juga wawasan penulis pribadi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url