Apa Itu NATO dan Tujuannya ? Simak Penjelasannya

Pintaryuk.my.id -  Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah NATO yang kerap kali kita dengar melalui media online maupun siaran televisi, namun tahukah kamu apa itu dan apa tujuannya ? mungkin ada di antara kita yang masih bingung dengan istilah yang satu ini, maka pada artikel ini kita akan mengulas secara singkat istilah yang satu ini.

Apa Itu NATO 

NATO merupakan singkatan dari North Atlantic Treaty Organization yang jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pakta Pertahanan Atlantik Utara.

apa itu nato dan tujuannya

Organisasi ini merupakan aliansi militer yang terdiri dari banyak negara, adapun anggota asli NATO semula sebanyak 12 Negara di antaranya ; Amerika, Italia, Prancis, Belanda, Portugal, Luksemburg, Islandia, Denmark dan lainnya, kemudian lambat laun seiring berjalannya waktu hingga pada saat sekarang keanggotaan NATO sudah mencapai 30 Negara.

Awal dicetuskan organisasi ini pada saat diselenggarakannya Pakta Atlantik Utara di Washington pada 4 April 1949.

NATO merupakan organisasi militer terkuat di dunia yang bertujuan menjaga keamanan negara anggota terutama yang berada di wilayah Eropa Barat.

NATO adalah organisasi pertama yang dibuat di masa damai pasca berakhirnya perang dunia dua.

Apa Tujuan Didirikan NATO

Berdasarkan latar belakang berdirinya organisasi ini, tampak jelas bahwa tujuan didirikan organisasi ini diharapkan menjadi sistem keamanan kolektif atau bersama.

Hadirnya organisasi ini merupakan manifestasi kewaspadaan terhadap ancaman yang dilakukan pihak Uni Soviet.

Terutama untuk membendung agar wilayah yang terdapat di sekitar Atlantik Utara tidak terpengaruh pemahaman komunisme yang hadir di Uni Soviet

Berhubungan dengan pertahanan kolektif, maka bila negara anggota ada yang tengah menghadapi berbagai masalah pertahanan akan dibantu oleh negara anggota. Dan bilamana ada di antara negara anggota yang memperoleh serangan dari pihak luar maka sesama negara anggota akan saling membantu, artinya jika ada sebuah serangan yang disasarkan kepada salah satu anggota NATO artinya menyerang keseluruhan negara anggota NATO.

Sehingga dengan berbagai macam tujuan tersebut pada akhirnya bertumpu untuk menjaga stabilitas dan keamanan antara sesama negara anggota.

Pemecahan Masalah Negara NATO

Dalam penyelesaian masalah, negara NATO tidak langsung mengerahkan kekuatan militer sebagai solusi akan tetapi terlebih dahulu melakukan upaya diplomatik sebagai langkah awal, oleh karena itu negara NATO memegang prinsip demokratis dalam menjalankan organisasinya, maka jika upaya diplomatik yang dilakukan tersebut gagal, barulah kekuatan militer bisa dikerahkan untuk menyelesaikan permasalahan.

Serangan Militer NATO

Prinsip Negara NATO

Demokratis : Dalam membuat sebuah keputusan, setiap negara NATO memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya.

Freedom : Pada asas negara NATO, berkomitmen untuk menjaga kebebasan tiap negara anggotanya.

Solidaritas : Bilamana terjadi konflik dalam negara anggota NATO, maka sesama anggota akan saling bahu membahu menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Transatlantik link : Membentuk hubungan antara negara kawasan Atlantika Utara.

Kesimpulan

NATO merupakan singkatan dari North Atlantic Treaty Organization, pada mulanya organisasi ini beranggotaan 12 negara lalu terus berkembang. Tujuan didirikan NATO utamanya antisipasi bilamana Uni Soviet melakukan invasi kepada negara wilayah Eropa Barat.


Itulah artikel tentang Apa Itu NATO dan Tujuannya ? Simak Penjelasannya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bagi penulis pribadi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url